SEPUTAR IKAN GUPPY Tips dan Trik

3 Pertanyaan yang Wajib Kamu Tanyakan Ke Penjual Sebelum Membeli Ikan Guppy

Halo semua, setelah sekian lama saya tidak menulis, akhirnya muncul niat nulis lagi nih, hehe.

Kali ini saya mau sharing mengenai apa-apa saja hal yang harus kita tanyakan ke penjual sebelum kita membeli ikan guppy.

Ide menulis topik ini bermula karena saya menemukan fenomena yang banyak terjadi pada kawan-kawan yang baru ingin memulai memelihara ikan guppy, yaitu kesulitan dan kebingungan dalam memelihara ikan guppy.

Sebagai ikan yang cukup sulit untuk dipelihara, ikan guppy memang butuh perlakuan khusus agar bisa hidup dengan baik dan sehat.

Cara paling awal yang bisa dilakukan sebelum ikan guppy kamu pelihara adalah dengan menanyakan beberapa pertanyaan ini ke penjual. Kira-kira pertanyaan apa aja sih? Yuk disimak.

1. Tanyakan Kepada Penjual Media Hidup Ikan Guppy yang Mereka Jual

Sangat penting untuk memperhatikan media hidup ikan guppy yang akan kita beli.

Mengapa? Karena para pembudidaya guppy memiliki caranya masing-masing untuk memelihara ikan guppy yang akan mereka jual.

Contohnya seperti saya, saya memelihara ikan guppy dengan media outdoor atau di luar ruangan. Sementara ada pembudidaya lain yang membudidayakan ikan guppy di dalam ruangan atau indoor.

Untuk meminimalisir risiko kematian, kawan-kawan bisa meniru cara yang dilakukan pembudidaya dalam memelihara ikan guppy yang akan mereka jual.

Misalkan pembudidaya memelihara ikan guppy di dalam ruangan atau indoor, nah kawan-kawan bisa memelihara di indoor pula, begitupun sebaliknya apabila pembudidaya memelihara di outdoor, kawan-kawan bisa juga memelihara ikan di outdoor.

Dengan mengikuti cara pembudidaya, risiko kematian ikan guppy yang kawan-kawan beli bisa lebih kecil. Dan tentunya ikan guppy bisa lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya, karena tidak terlalu berbeda jauh dengan lingkungan lamanya (saat masih di pembudidaya).

2. Tanyakan Makanan Apa yang Biasa Diberikan Pada Ikan Guppy yang Akan Kamu Beli

Sebagai makhluk hidup, tentunya ikan guppy membutuhkan asupan makanan sama seperti makhluk hidup lainnya.

Dengan menanyakan makanan yang diberikan kepada ikan guppy pada penjual, kita bisa meminimalisir risiko ikan guppy yang tidak mau makan.

Karena cukup banyak ditemukan kasus dimana ikan guppy tidak mau makan, dan akhirnya ikan guppy mati karena kekurangan asupan yang mereka butuhkan untuk tetap hidup. Tentu hal ini sangat disayangkan dan bisa membuat pemilik ikan guppy yang mati merasa sedih dan tidak enak hati.

Selain itu, kawan-kawan juga harus memperhatikan banyaknya pakan yang diberikan pada ikan guppy. Jangan sampai memberikan pakan kepada ikan guppy secara berlebihan, karena makanan yang tersisa bisa menjadikan wadah ikan guppy tinggal menjadi kotor dan memungkinkan ikan guppy terserang penyakit yang paling fatal bisa menyebabkan ikan guppy mati.

3. Tanyakan Umur Ikan Guppy

Pertanyaan ketiga sekaligus pertanyaan terakhir yang wajib kamu tanyakan ke pembeli adalah umur ikan guppy yang akan kamu beli. Terlebih jika niat kamu membeli ikan guppy adalah untuk budidaya, pertanyaan ini sangat penting untuk ditanyakan.

Jika kamu ingin melakukan budidaya ikan guppy, tentu kamu harus memilih ikan guppy yang sudah berumur lebih dari 3-4 bulan agar ikan guppy lebih maksimal dalam berkembang biak.

Semakin tua ikan guppy, maka semakin besar juga kemungkinan ikan guppy akan berhasil dalam melahirkan anakan yang berkualitas baik.

Selain itu, ikan guppy yang sudah tua juga bisa melahirkan anak yang lebih banyak dibandingkan ikan guppy yang lebih muda.

Cara cepat untuk mengetahui ikan guppy yang sudah siap kawin yaitu dengan caramelihat dari ukuran ikan guppy yang besar, terutama pada ikan guppy yang berjenis kelamin betina.

Nah itu dia beberapa tips dari masmin buat kalian yang mau beli ikan guppy. Jadi jangan lagi sampai salah pilih ikan guppy yaa.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *