Kesehatan PSIKOLOGI

Percaya Ramalan Zodiak Sampai Kepikiran? Bisa Jadi Itu Efek Barnum

Pernah gak sih kamu baca suatu postingan tentang ramalan zodiak, dan percaya karena apa yang dijelaskan relate atau sama banget kaya diri kamu?

Atau mungkin kamu adalah seorang yang dikit-dikit bahas zodiak, sampai-sampai kalau kamu nemu calon pasangan yang zodiaknya gak bagus, kamu rasanya pengen cepet-cepet putus?

Waduh, hati-hati ya, guys. Memang kadang ramalan zodiak bisa mirip banget sama kehidupan yang kamu rasakan, tapi itu bisa jadi kamu lagi mengalami barnum effect, lho.

Apa Sih Barnum Effect Itu?

Barnum effect /efek barnum adalah sebuah kondisi di mana seseorang merasa bahwa sebuah pernyataan atau deskripsi cocok dengan dirinya sehingga dia percaya, padahal pernyataan yang ada bersifat umum.

Menurut Fichten & Sunerton (1983), ada 4 faktor yang mempengaruhi seseorang mengalami efek barnum/barnum effect, yaitu:

  1. Pernyataan yang general atau umum
  2. Tingkat kejadian sebuah deskripsi yang tinggi dalam karakteristik tertentu
  3. Sejauh mana sebuah deskripsi seolah-olah hanya untuk dirinya seorang
  4. Pernyataan yang ada bisa disukai oleh pembaca

Kalau kita telaah lagi, faktor-faktor di atas juga ada di ramalan zodiak, lho. Contohnya saja seperti ramalan zodiak yang mengatakan bahwa aquarius itu adalah seorang pemimpin yang hebat, atau misalkan leo adalah seorang yang pintar mengambil keputusan, atau scorpio yang orangnya labil banget.

Padahal ramalan zodiak seperti itu hanya menggunakan pernyataan umum yang sebenarnya bisa saja terjadi pada siapa saja tanpa memandang bulan lahir atau zodiak.

Awal Mula Barnum Effect/Efek Barnum Ditemukan

Efek barnum ini sendiri awalnya diteliti oleh seorang psikolog asal Amerika Serikat bernama Bertram Forer pada tahun 1948. Saat itu Forer melakukan tes kepada 39 orang muridnya, tes itu bernama Diagnostic Interest Blank.

Dalam tes yang dibagikan oleh Forer, muridnya diminta untuk menilai sebuah deskripsi yang ada dalam tes tersebut dan diminta untuk menilai dari skala 1 sampai 5.

Beberapa pertanyaan yang ada di tes yang diberikan Forer yaitu:

-Anda memiliki banyak kapasitas diri yang belum dimanfaatkan

-Meskipun terlihat tenang di luar, Anda selalu khawatir dan merasa tidak aman di dalam diri Anda.

-Anda menyukai perubahan dan variasi. Anda tidak puas dalam keadaan terkekang

Setelah selesai, skor rata-rata yang didapat oleh seluruh murid Forer adalah 4,26. Yang mana angka ini menandakan bahwa rata-rata murid Forer setuju dengan pernyataan yang ada pada tes yang mereka kerjakan.

39 murid yang dijadikan testee atau subjek tes merasa bahwa tes yang diberikan antara tiap murid berbeda.

Sehingga mereka merasa bahwa pernyataan yang ada di dalam tes benar-benar menggambarkan diri mereka sendiri.

Namun Forer sebenarnya sedang mengerjai mereka dengan memberikan pernyataan atau deskripsi karakter dalam tes yang sama antara satu murid dengan murid lainnya.

Begitupun dengan zodiak. Para pembuat ramalan zodiak mengambil pernyataan umum yang bisa saja terjadi kepada siapapun, dan membaginya kepada masing-masing zodiak.

Bahkan akhir-akhir ini di sosial media Tiktok sedang ramai dibahas seorang mantan pembuat zodiak pada Bulan Agustus 2020 mengakui bahwa dirinya pernah membuat ramalan zodiak untuk sebuah majalah tanpa teori, alias ngasal tanpa dasar.

Nah, sekarang kamu masih mau percaya sama ramalan zodiak?

Akhir Kata

Saran saya, jika kamu ingin mengetahui kepribadian kamu yang sebenarnya, ada baiknya kamu datang kepada para professional yang sudah ahli dalam bidangnya, seperti psikolog.

Oh iya, satu lagi. Ramalan zodiak jangan sampai dibawa serius ya guys, jadikan sebagai ajang buat asyik-asyikan saja, hehe.

See you on next article.

*** 

Referensi: Fichten, C. S., & Sunerton, B. (1983). Popular Horoscopes and the “Barnum Effect.” The Journal of Psychology, 114(1), 123–134. doi:10.1080/00223980.1983.9915405

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3637336/percaya-ramalan-zodiak-mungkin-kamu-kena-efek-barnum

https://www.pikiran-rakyat.com/belia/pr-01579237/percaya-akan-ramalan-zodiak-simak-dulu-penjelasan-teori-barnum-effect?

Baca juga: Mental Illness Bukan Tren, Ini Dia Bahaya Kalau Kamu Self Diagnosis

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *