Tips dan Trik

Pengalaman Singkat Menulis di Platform TSW Shopback, Nulis.co.id dan UC We Media

wsrapr2016.jpg

Hai para pembaca yang berbahagia. Sebelumnya saya ingin mengucapkan terimakasih kepada kalian yang telah menyempatkan waktu untuk membuka blog saya ini.

Di blog ini, saya mungkin akan menulis banyak hal yang berfaedah maupun yang unfaedah. Mulai dari keseharian saya, hal-hal menarik yang saya temui dan alami, atau mungkin tugas kuliah πŸ˜€

Saya bukan seorang penulis yang handal, saya ini cuma iseng saja menulis daripada gabut di kosan jadi sebelumnya mohon maaf kalau kualitas artikel saya tidak sebagus blogger lain hehe.

Niat Awal Menulis Artikel

Sebenarnya niat awal saya menulis artikel dulunya adalah satu, yaitu untuk mencari uang. Awalnya saya hanya iseng-iseng cari cara mendapatkan uang tambahan di beberapa blog. Yang saya ingat saat itu cukup banyak pilihan pekerjaan sampingan yang diinformasikan oleh blog yang saya baca. Seperti menjadi reseller online shop, menjadi youtuber, atau menjadi seorang freelancer.

Namun yang paling menarik perhatian saya adalah menjadi seorang penulis artikel di  platform. Dan dari sinilah minat saya untuk menulis muncul.

Awalnya saya mencoba memulai menulis artikel di platform The Smarter Way Shop Back, namun tidak sampai sebulan saya langsung berhenti menulis dan memutuskan untuk mencari platform lain. Alasannya, ya karena saya ini tidak sabaran menunggu audit artikel yang memakan waktu hampir 2 minggu, padahal fee yang didapatkan dari The Smarter Way lumayan, yaitu Rp.5/1 View. Tapi kembali lagi, ada usaha ada hasil.

Lalu saya pun berpindah ke platform nulis.co.id. Di platform ini saya cukup merasa puas. Alasannya, karena audit artikel tidak terlalu lama dan fee yang didapatkan dari setiap artikel di update sehari sekali sehingga membuat saya semakin semangat menulis.

Tapi karena rata-rata pembaca artikel saya dikisaran 100-200 orang saja, saya tidak berhasil untuk mencapai penghasilan Rp.200.000,00,- dan saya pun berhenti menulis di platform nulis.co.id dan pindah ke platform lain.

Fyi: Minimal penarikan penghasilan di nulis.co.id adalah Rp. 200.000.00,-

Saya lagi-lagi berpindah platform dan menemukan platform baru yaitu UC We Media. Di platform ini saya merasa sangat cocok dan sangat semangat menulis. Hal itu dikarenakan proses audit artikel yang memakan waktu tidak sampai 1 hari, bahkan pernah paling cepat hanya 15 menit artikel saya sudah terpublish dan bisa dibaca di aplikasi UC News. Lalu penghasilan pun sangat cepat saya dapatkan. 2 bulan menulis saya sudah menghasilkan RP. 1.500.000,- Jumlah yang sangat banyak menurut saya untuk penulis pemula. Kalian bisa lihat tulisan saya di UC News dengan mencari nama Bang Cetar di kolom search. Namun sudah sebulan ini saya tidak menulis di UC We Media karena saya merasa jenuh dan bosan. Kebanyakan artikel yang saya buat adalah artikel seputar selebriti. Seperti transformasi selebriti dari kecil hingga dewasa, atau kabar terbaru dari selebriti yang pernah terkenal di zamannya

Oh iya, kalian jangan lupa ya kalau masing-masing platform diatas mempunyai kelebihan dan  kekurangan tersendiri πŸ˜€ . Kalian tidak bisa menilai sebuah platform hanya dengan membaca tulisan yang saya buat. Setidaknya kalian mencoba menulis beberapa artikel terlebih dahulu baru bisa menilai platform yang sudah saya sebutkan saya tadi.

Oleh karena itu dibawah ini saya akan melampirkan link agar kalian bisa mencoba untuk mendaftar dan menulis di platform yang sudah saya coba. Dan kalau kalian beruntung, mungkin kalian bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah yang lebih banyak dari saya.

The Smarter Way: https://www.shopback.co.id/the-smarter-way

Nulis.co.id: http://nulis.co.id/

Uc We Media: https://wm.ucweb.com/index.html

Sekian tulisan pertama saya di blog ini, semoga apa yang tulis dapat bermanfaat walaupun sedikit ya πŸ˜€ . Next mungkin saya akan menceritakan pengalaman menulis di tiga platform ini lebih panjang lagi dan dibuat dalam satu tulisan dalam satu judul. Dadah..

18 Komentar

  1. Terima kasih atas cerita dan komentarnya yang jujur! Saya agak sedih setiap kali membuka blog karena lebih banyak menemukan orang yang hanya promosi atau memberi info sekedarnya, ketimbang berbagi pengalaman yang jujur dan terbuka. Seharusnya info semacam inilah yang lebih sering keluar dari blog, karena rasanya seperti info dengan teman, bukan salesman. πŸ™‚

    1. Terimakasih sudah berkunjung hehe πŸ™πŸ™‚

  2. KurniaJr says:

    ane mau tanya gan proses audit artikel di nulis.co.id itu berapa lama yaa? trus ada limit ngirim artikel gak perhari?

    1. Maaf baru balas mas. Untuk sekarang kita sudah ga bisa lagi kirim artikel ke nulis.co.id, sudah tutup gatau penyebabnya apa.

      1. Dennis K says:

        Kalau UC Web Media sih masih aktif ya? Trims

        1. Masih bisa nulis mas kalau di uc

      2. Pantas kok tulisan yang ada di web-nya ndak update ….

  3. Franky says:

    Maaf, Bang apakah benar nulis.co.id sudah tutup? Saya coba-coba menulis di nulis .co.id masih bisa kirim artikel memang sih masih review. Lalu untuk menulis UC We media berapa artikel yang Abang tulis untuk sampai dapat ke 1,5 jt rupiah itu, Bang. Terima kasih sebelumnya untuk jawabannya.

    1. Halo mas franky, maaf baru balas setelah sekian lama. Saya menulis di UC di Tahun 2017 cuma membutuhkan waktu 2 bulan saja untuk mendapatkan nominal bayaran sebesar itu, tapi karena sekarang penulis sudah semakin banyak, untuk mendapatkan penghasilan harus menunggu cukup lama. Tapi kalau misalnya mas konsisten dan tulisannya dianggap sesuai mas bisa cepat menghasilkan uang. Terimakasih sudah berkunjung.

  4. sari says:

    ka, mau tanya dong kalo ke ucweb untuk kirim artikel apa masih bisa? kira kira kalau review untuk sekarang2 sampai brp lama ya? karena coba untuk pendaftarannya aja konfirmasi tunggu sampai 48 jam

    1. Untuk sekarang proses pendaftarannya memang memakan waktu yang cukup lama mba. Bahkan ada yang sampai 2 minggu lebih baru diterima jadi penulis. Kalau sudah diterima jadi penulis, nanti mbanya sudah bisa menulis 1 artikel perhari dan biasanya waktu untuk review artikel yang sudah dikirim ga sampai 1 hari kok. Kadang 1-3 jam sudah terbit di aplikasi UC News.

  5. Mellinda Putri Berliana says:

    Terima kasih untuk infonya mas. Saya siswi sma kelas 12 sedang dalam liburan, cukup tertarik dengan pekerjaan menulis. Karena gabut saya bisa menemukan artikel mas heheh. Dan ngomog-ngomong setelah membaca artikel mas saya sudah mendaftar uc web.

    1. Halo, terima kasih juga karena sudah berkunjung ke blog saya. Semoga segera di approve dan bisa secepatnya menulis di platform UC ya. Semangat.

  6. Ikaaa says:

    Mas Permana, boleh minta pencerahannya tentang cara submit artikel di smarter way shopback? saya udah daftar tapi bingung darimana mau mulainya. Kok nggak ada arahannya ya, dimana dan yang mana yg harus saya klik supaya bisa submit artikel, terima kasih.

    1. Halo mba Ikaaa, maaf baru balas ya. Untuk login mba bisa klik link ini http://blog.shopback.co.id/wp-admin/edit.php semoga membantu

  7. Terimakasih banyak mas, sangat bermanfaatπŸ™

    1. Terimakasih sudah berkunjung, semangat nulisnya ya.

  8. zaky abbas says:

    Wah info menarik Bang. cuma saya bingung, tiap mendaftar di UC Web kok selalu gagal ya? padahal sudah memenuhi persyaratan yg diminta. Apakah UC News masih menerima Kontributor?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *